Zhi3pisces’s Blog











{Februari 12, 2009}   PUISI LAMA DAN PUISI BARU

Puisi adalah bentuk karangan yang terkikat oleh rima, ritma, ataupun jumlah baris serta ditandai oleh bahasa yang padat. Menurut zamannya, puisi dibedakan atas puisi lama dan puisi baru.

A. PUISI LAMA

Puisi lama adalah puisi yang terikat oleh aturan-aturan. Aturan- aturan itu antara lain :

- Jumlah kata dalam 1 baris

- Jumlah baris dalam 1 bait

- Persajakan (rima)

- Banyak suku kata tiap baris

- Irama

1. Ciri-ciri Puisi Lama

Ciri puisi lama:

a) Merupakan puisi rakyat yang tak dikenal nama pengarangnya

b) Disampaikan lewat mulut ke mulut, jadi merupakan sastra lisan

c) Sangat terikat oleh aturan-aturan seperti jumlah baris tiap bait, jumlah suku kata maupun rima

2. Jenis Puisi Lama

Yang termasuk puisi lama adalah

a) Mantra adalah ucapan-ucapan yang dianggap memiliki kekuatan gaib

b) Pantun adalah puisi yang bercirikan bersajak a-b-a-b, tiap bait 4 baris, tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata, 2 baris awal sebagai sampiran,  2 baris berikutnya sebagai isi. Pembagian pantun menurut isinya terdiri dari pantun anak, muda-mudi, agama/nasihat, teka-teki, jenaka

c) Karmina adalah pantun kilat seperti pantun tetapi pendek

d) Seloka adalah pantun berkait

e) Gurindam adalah puisi yang berdirikan tiap bait 2 baris, bersajak a-a-a-a, berisi nasihat

f) Syair adalah puisi yang bersumber dari Arab dengan ciri tiap bait 4 baris, bersajak a-a-a-a, berisi nasihat atau cerita

g) Talibun adalah pantun genap yang tiap bait terdiri dari 6, 8, ataupun 10 baris


3. Contoh dari Jenis-jenis Puisi Lama

a) Mantra

Assalammu’alaikum putri satulung besar
Yang beralun berilir simayang
Mari kecil, kemari
Aku menyanggul rambutmu
Aku membawa sadap gading
Akan membasuh mukamu

b) Pantun

Kalau ada jarum patah
Jangan dimasukkan ke dalam peti
Kalau ada kataku yang salah
Jangan dimasukan ke dalam hati

c) Karmina

Dahulu parang, sekarang besi (a)
Dahulu sayang sekarang benci (a)

d) Seloka

Lurus jalan ke Payakumbuh,
Kayu jati bertimbal jalan
Di mana hati tak kan rusuh,
Ibu mati bapak berjalan

e) Gurindam

Kurang pikir kurang siasat (a)
Tentu dirimu akan tersesat (a)
Barang siapa tinggalkan sembahyang ( b )
Bagai rumah tiada bertiang ( b )
Jika suami tiada berhati lurus ( c )
Istri pun kelak menjadi kurus ( c )

f) Syair

Pada zaman dahulu kala (a)
Tersebutlah sebuah cerita (a)
Sebuah negeri yang aman sentosa (a)
Dipimpin sang raja nan bijaksana (a)

g) Talibun

Kalau anak pergi ke pekan
Yu beli belanak pun beli sampiran
Ikan panjang beli dahulu

Kalau anak pergi berjalan
Ibu cari sanak pun cari isi
Induk semang cari dahulu

4. Ciri-ciri dari jenis puisi lama

a) Mantra

Ciri-ciri:

Ø Berirama akhir abc-abc, abcd-abcd, abcde-abcde.

Ø Bersifat lisan, sakti atau magis

Ø Adanya perulangan

Ø Metafora merupakan unsur penting

Ø Bersifat esoferik (bahasa khusus antara pembicara dan lawan bicara) dan misterius

Ø Lebih bebas dibanding puisi rakyat lainnya dalam hal suku kata, baris dan persajakan.

b) Pantun

Ciri – ciri :

Ø Setiap bait terdiri 4 baris

Ø Baris 1 dan 2 sebagai sampiran

Ø Baris 3 dan 4 merupakan isi

Ø Bersajak a – b – a – b

Ø Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata

Ø Berasal dari Melayu (Indonesia)

c) Karmina

Ciri-ciri karmina

Ø Setiap bait merupakan bagian dari keseluruhan.

Ø Bersajak aa-aa, aa-bb

Ø Bersifat epik: mengisahkan seorang pahlawan.

Ø Tidak memiliki sampiran, hanya memiliki isi.

Ø Semua baris diawali huruf capital.

Ø Semua baris diakhiri koma, kecuali baris ke-4 diakhiri tanda titik.

Ø Mengandung dua hal yang bertentangan yaitu rayuan dan perintah.

d) Seloka

Ciri-ciri seloka

Ø Ditulis empat baris memakai bentuk pantun atau syair,

Ø Namun ada seloka yang ditulis lebih dari empat baris.

e) Gurindam

Ciri-ciri gurindam

Ø Baris pertama berisikan semacam soal, masalah atau perjanjian

Ø baris kedua berisikan jawabannya atau akibat dari masalah atau perjanjian pada baris pertama tadi.

f) Syair

Ciri-ciri syair

Ø Terdiri dari 4 baris

Ø Berirama aaaa

Ø Keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair

g) Talibun

Ciri-ciri:

Ø Jumlah barisnya lebih dari empat baris, tetapi harus genap misalnya 6, 8, 10 dan seterusnya.

Ø Jika satu bait berisi enam baris, susunannya tiga sampiran dan tiga isi.

Ø Jika satu bait berisi delapan baris, susunannya empat sampiran dan empat isi.

Ø Apabila enam baris sajaknya a – b – c – a – b – c.

Ø Bila terdiri dari delapan baris, sajaknya a – b – c – d – a – b – c – d

B. PUISI BARU

Puisi baru bentuknya lebih bebas daripada puisi lama baik dalam segi jumlah baris, suku kata, maupun rima.

1. Ciri-ciri Puisi Baru

a) Bentuknya rapi, simetris;

b) Mempunyai persajakan akhir (yang teratur);

c) Banyak mempergunakan pola sajak pantun dan syair meskipun ada pola yang lain;

d) Sebagian besar puisi empat seuntai;

e) Tiap-tiap barisnya atas sebuah gatra (kesatuan sintaksis)

f) Tiap gatranya terdiri atas dua kata (sebagian besar) : 4-5 suku kata.

2. Jenis-jenis Puisi Baru

Menurut isinya, puisi dibedakan atas :

a) Balada adalah puisi berisi kisah/cerita

b) Himne adalah puisi pujaan untuk Tuhan, tanah air, atau pahlawan

c) Ode adalah puisi sanjungan untuk orang yang berjasa

d) Epigram adalah puisi yang berisi tuntunan/ajaran hidup

e) Romance adalah puisi yang berisi luapan perasaan cinta kasih

f) Elegi adalah puisi yang berisi ratap tangis/kesedihan

g) Satire adalah puisi yang berisi sindiran/kritik

Sedangkan macam-macam puisi baru dilihat dari bentuknya antara lain:

a) Distikon

b) Terzina

c) Quatrain

d) Quint

e) Sektet

f) Septime

g) Oktaf/Stanza

h) Soneta

3. Contoh dari Jenis-jenis Puisi Baru

Contoh jenis puisi menurut isinya :

a) BALADA

Puisi karya Sapardi Djoko Damono yang berjudul “ Balada Matinya Aeorang Pemberontak”

b) HYMNE

Bahkan batu-batu yang keras dan bisu

Mengagungkan nama-Mu dengan cara sendiri

Menggeliat derita pada lekuk dan liku

bawah sayatan khianat dan dusta.

Dengan hikmat selalu kupandang patung-Mu

menitikkan darah dari tangan dan kaki

dari mahkota duri dan membulan paku

Yang dikarati oleh dosa manusia.

Tanpa luka-luka yang lebar terbuka

dunia kehilangan sumber kasih

Besarlah mereka yang dalam nestapa

mengenal-Mu tersalib di datam hati.

(Saini S.K)

c) ODE

Generasi Sekarang
Di atas puncak gunung fantasi
Berdiri aku, dan dari sana
Mandang ke bawah, ke tempat berjuang
Generasi sekarang di panjang masa

Menciptakan kemegahan baru
Pantoen keindahan Indonesia
Yang jadi kenang-kenangan
Pada zaman dalam dunia
(Asmara Hadi)

d) EPIGRAM

Hari ini tak ada tempat berdiri

Sikap lamban berarti mati

Siapa yang bergerak, merekalah yang di depan

Yang menunggu sejenak sekalipun pasti tergilas.

(Iqbal)

e) ELEGI

Senja di Pelabuhan Kecil

Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tiang serta temali. Kapal, perahu tiada berlaut
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut

Gerimis mempercepat kelam. Ada juga kelepak elang
menyinggung muram, desir hari lari berenang
menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah dan air tidur hilang ombak.
Tiada lagi. Aku sendiri. Berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap

(Chairil Anwar)

f) SATIRE

Aku bertanya

tetapi pertanyaan-pertanyaanku

membentur jidad penyair-penyair salon,

yang bersajak tentang anggur dan rembulan,

sementara ketidakadilan terjadi

di sampingnya,

dan delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan,

termangu-mangu dl kaki dewi kesenian.

(Rendra)

Contoh jenis puisi dari bentuknya :

a) DISTIKON
Contoh :
Berkali kita gagal
Ulangi lagi dan cari akal
Berkali-kali kita jatuh
Kembali berdiri jangan mengeluh
(Or. Mandank)

b) TERZINA
Contoh :
Dalam ribaan bahagia datang
Tersenyum bagai kencana
Mengharum bagai cendana
Dalam bah’gia cinta tiba melayang
Bersinar bagai matahari
Mewarna bagaikan sari
Dari ; Madah Kelana
Karya : Sanusi Pane

c) QUATRAIN
Contoh :
Mendatang-datang jua
Kenangan masa lampau
Menghilang muncul jua
Yang dulu sinau silau
Membayang rupa jua
Adi kanda lama lalu
Membuat hati jua
Layu lipu rindu-sendu
(A.M. Daeng Myala)

d) QUINT
Contoh :
Hanya Kepada Tuan
Satu-satu perasaan
Hanya dapat saya katakan
Kepada tuan
Yang pernah merasakan
Satu-satu kegelisahan
Yang saya serahkan
Hanya dapat saya kisahkan
Kepada tuan
Yang pernah diresah gelisahkan
Satu-satu kenyataan
Yang bisa dirasakan
Hanya dapat saya nyatakan
Kepada tuan
Yang enggan menerima kenyataan
(Or. Mandank)

e) SEXTET
Contoh :
Merindu Bagia
Jika hari’lah tengah malam
Angin berhenti dari bernafas
Sukma jiwaku rasa tenggelam
Dalam laut tidak terwatas
Menangis hati diiris sedih
(Ipih)

f) SEPTIMA
Contoh :
Indonesia Tumpah Darahku
Duduk di pantai tanah yang permai
Tempat gelombang pecah berderai
Berbuih putih di pasir terderai
Tampaklah pulau di lautan hijau
Gunung gemunung bagus rupanya
Ditimpah air mulia tampaknya
Tumpah darahku Indonesia namanya
(Muhammad Yamin)

g) STANZA ( OCTAV )
Contoh :
Awan
Awan datang melayang perlahan
Serasa bermimpi, serasa berangan
Bertambah lama, lupa di diri
Bertambah halus akhirnya seri
Dan bentuk menjadi hilang
Dalam langit biru gemilang
Demikian jiwaku lenyap sekarang
Dalam kehidupan teguh tenang
(Sanusi Pane)

h) SONETA
Contoh :
Gembala
Perasaan siapa ta ‘kan nyala ( a )
Melihat anak berelagu dendang ( b )
Seorang saja di tengah padang ( b )
Tiada berbaju buka kepala ( a )
Beginilah nasib anak gembala ( a )
Berteduh di bawah kayu nan rindang ( b )
Semenjak pagi meninggalkan kandang ( b )
Pulang ke rumah di senja kala ( a )
Jauh sedikit sesayup sampai ( a )
Terdengar olehku bunyi serunai ( a )
Melagukan alam nan molek permai ( a )
Wahai gembala di segara hijau ( c )
Mendengarkan puputmu menurutkan kerbau ( c )
Maulah aku menurutkan dikau ( c )
(Muhammad Yamin)

4. Ciri-ciri dari Jenis Puisi Baru

v Ciri puisi dari Jenis isinya :

a) Balada

Ciri-ciri balada

Balada jenis ini terdiri dari 3 (tiga) bait, masing-masing dengan 8 (delapan) larik dengan skema rima a-b-a-b-b-c-c-b. Kemudian skema rima berubah menjadi a-b-a-b-b-c-b-c. Larik terakhir dalam bait pertama digunakan sebagai refren dalam bait-bait berikutnya.

b) Hymne

Ciri-ciri hymne

Lagu pujian untuk menghormati seorang dewa, Tuhan, seorang pahlawan, tanah air, atau alma mater (Pemandu di Dunia Sastra).
Sekarang ini, pengertian himne menjadi berkembang. Himne diartikan sebagai puisi yang dinyanyikan, berisi pujian terhadap sesuatu yang dihormati (guru, pahlawan, dewa, Tuhan) yang bernafaskan ke-Tuhan-an.

c) Ode

Ciri-ciri ode

Ciri ode nada dan gayanya sangat resmi (metrumnya ketat), bernada anggun, membahas sesuatu yang mulia, bersifat menyanjung baik terhadap pribadi tertentu atau peristiwa umum.

d) Epigram

Epigramma (Greek); unsur pengajaran; didaktik; nasihat membawa ke arah kebenaran untuk dijadikan pedoman, ikhtibar; ada teladan.

e) Romance

Romantique (Perancis); keindahan perasaan; persoalan kasih sayang, rindu dendam, serta kasih mesra

f) Elegi

Ciri-ciri elegi

Sajak atau lagu yang mengungkapkan rasa duka atau keluh kesah karena sedih atau rindu, terutama karena kematian/kepergian seseorang.

g) Satire

Satura (Latin) ; sindiran ; kecaman tajam terhadap sesuatu fenomena; tidak puas hati satu golongan (ke atas pemimpin yang pura-pura, rasuah, zalim etc)

v Ciri puisi dari Jenis bentuknya :

a) Distikon

• 2 baris; sajak 2 seuntai
• Distikon (Greek: 2 baris)
• Rima –  aa
–  bb

b) Terzina

Terzina (Itali: 3 irama)

c) Quatrain

• Quatrain (Perancis: 4 baris)
• Pada asalnya ada 4 rangkap
• Dipelopori di Malaysia oleh Mahsuri S.N.

d) Quint

Pada asalnya, rima Quint adalah /aaaaa/ tetapi kini 5 baris dalam serangkap diterima umum sebagai Quint (perubahan ini dikatakan berpunca dari kesukaran penyair untuk membina rima /aaaaa/

e) Sextet

• sextet (latin: 6 baris)
• Dikenali sebagai ‘terzina ganda dua’
• Rima akhir bebas

f) Septima

• septime (Latin: 7 baris)
• Rima akhir bebas

g) Oktav

• Oktaf (Latin: 8 baris)
• Dikenali sebagai ‘double Quatrain’

h) Soneta

ciri – ciri soneta :

· Terdiri atas 14 baris

· Terdiri atas 4 bait, yang terdiri atas 2 quatrain dan 2 terzina

· Dua quatrain merupakan sampiran dan merupakan satu kesatuan yang disebut octav.

· Dua terzina merupakan isi dan merupakan satu kesatuan yang disebut isi yang disebut sextet.

· Bagian sampiran biasanya berupa gambaran alam

· Sextet berisi curahan atau jawaban atau kesimpulan daripada apa yang dilukiskan dalam ocvtav , jadi sifatnya subyektif.

· Peralihan dari octav ke sextet disebut volta

· Penambahan baris pada soneta disebut koda.

· Jumlah suku kata dalam tiap-tiap baris biasanya antara 9 – 14 suku kata

· Rima akhirnya adalah a – b – b – a, a – b – b – a, c – d – c, d – c – d.

About these ads


Johng607 says:

garcinia cambogia extract weight loss results She is to make pill akfeagckceea



mulia says:

makasih atas infonya :)



thx eahg tz artikelnya ;)
ne mmbntu sya dlm mmbwt tgs bhsa Indonesia q ^_^



arif rahman says:

woy kok diem sih aku kan anak baru



arif rahman says:

woy
lu kenapa



Novia Alfatihah says:

Artikel nya bagus dan lengkap :DD
makasih, sangat membantu :))



dadan says:

bingung



leni says:

makasihh yaa,, ttng puisi nya :)



BUDI says:

than’s ya informasinya lengkAP



sintha says:

Thanks ya… :)



katrin says:

thanks akhirny tgs B.I saya selesai :)



trisiani says:

mauliate godang



Fria says:

T q buat informsinya.
PR BI aq jdi selesai deh.
PR, GUE, END ……….



lentera says:

hatur nuwun pr saya teh udah selesai



sholly says:

maak aciiiiih yah,,,udah buat ttg puisinya,,,,:))))))



sarah says:

terima kasih ya sekarang nggak susah menjari pr tu



refanda wahyu hadiantoro says:

Thanks You



makasih ya, tugas sekolahku jadi selesai ^o^ Aku nyari gaada yang lengkap, ini lengkap tinggal copy terus paste. Tenang, aku kirimin creditnya kok :) thankyou so much yaa:)



dahliya rahayu says:

terimakasih dgn ada ny nie sya jdi tertolong dech…….:)



aji says:

hjklsjaldhsft



indah says:

terimakasih banya udah ngeshare materi ini
lengkap banget
waahhh UAS aku semoga bisa lancar:D
aminnnn



Thank you so much for your information

it’s very help me . . :D



ARA says:

makasih atas informasi nya ,,,,,
bermanfaat bnget .. :)



aini says:

terima kasih ,,, tentang informasi nya



ikbal says:

akhirnya selesai juga tgs q



Fahmi fathul zawwad says:

trimakasih,,,,,,,,bisa menambah wawasn kami



fiqri says:

cocok banget sama yg aku maksut



valen says:

sangat membantu buat panduank untuk mengajar qo saat z PPL in.makasi banyak ya



Retno Wulandari says:

TERIMAKASIH BANGET yaaa :D SIPP pokonya :))
Pengetahuan ini bermanfaat buanget sipp . MAKASII :D



Thanks ya atas pengetahuannya :D



maszay says:

emang tak ada kata istimewah utk nikmatin sastra-sastra itu
walow “sastra q rada payah”<<……….

membisu,dalam dengki merasuk#



sukemad says:

Postingannya biasa aja tuh. tapi cucok sama eke



dewinul says:

sangat membantu. terima kasih :)



CLassified1 says:

makasih yaa :3



toni says:

mkasih yya atas informasia.nya.,.,
semoga allah swt membalas kbaikan mu smua.a.,.



karmila says:

thanks ea…….. akhirnya tgas.q selesai juga



mksh
tpi knpa guru bilang ada 12 ya jenis2 puisi lama



Tq Nice Post..!!!
akhirnya tugas terselesaikan,



thanks ya kak………atas informasinya ……….



03091987 says:

thanks y………………………..



03091987 says:

thanks bgt ya…………………..



ArieF says:

makasih ya infonya…berguna banget nieeeh……………



Bermanfaat bgt, semua tuga jadi selesai . Sekali lagi Thanks ..



Meo says:

Thx…..



Desi Echi says:

makasih ya,,, lagi ada tugas nyari jnis2 puisi sih,,, ^^



MAKACIH…!!!
Brmanfaat bangett….



tambahin contoh dong



RX says:

aneh scriptnya gabener tuh, blognya jadi jelek



Rif_Qing says:

Makasih aTas Semux….semog kbaikan anda d blaz oleh Allah..Amiin



thanks udah di jelasin..
akk jdi ngerti dech,, :)



mmmm…….ternyata puisi lama dan pusi baru mempunyai banyak perbedaan
terima kasi uda kasi tau….



rofi" says:

shiip xg penting bisa buat belajar.



annisa' amalia says:

makasih bgt ya……. bantu tugas sekolah bgt.



Atikah Umi says:

jempol , tpi klo bsa ada pengertiaannya dunkz .



kelar dech tugas….. thanks yaeeeee



nita afrianti says:

terimakasih ya atas ilmunya.



devjua orfiliez says:

thaks bgt>>
blog ne nolonggg…. bgt!!!



yogi says:

terima kasih



yogi says:

terima kasih ya Tgs q jd Siap Dan benar

THANKS



Michelle says:

thanks for the info about the poem, because it really helped me in completing the task… :D



intan amalia says:

makasih (y)



Aditya says:

terima kasih atas share ilmunya, sangat bermanfaat… :D



wah.. lengkap banget ya isinya
Thanks ya.. ane jd ngerti skrg



Wah… bener2 lengkap banget ya infonya..
Thanks ya.. ane jd ngerti skrg



xxx says:

pass mantab . . . !



thanks banget ya nambah wawasan



gladiezt says:

thanks for this information…
it makes more easy n understand to people…



nabillasyifaazzahrea says:

terimakasih eaa….



fachri awal says:

wissss krennn buanget bh nilai 1000 buat yang punya karna udah membantu……. :)



andreas says:

enak banget.,.,



alhamdulilahh yacchh ,,,:D



Nur Ummiati says:

Alhamdulillah ya…………………………………^_^



Osvaldo says:

Thankz buat contoh puisix ,
puisix bagus” ,
….



widya says:

syukran untk jwbannya ya



Fansen says:

Gila Bloogernya sangat berguna bangat !!!!!
Thanks Yah yang bikin …



Nun says:

Syukran Katsir yach ats bantuan e?? sangat membantu.^_^



Nun says:

Syukran katsir yach?? jadi tau jawabannya..



icha swet says:

thask bngt atas infox jdi gampang nyari tugas dech



indahsukmayani says:

makasi bgt lo ya, gara* blog ini tugas ku kelar cyiin..



indahsukmayani says:

makasi bgt lo ya, gara* blog ini tugas kelar cyiin…



fadhila azzahra says:

trims ya puisi nya
ok :)



alid says:

mkcih ya infonya



alid says:

mkcih yaw infonya



zhIe_zhEe says:

Makasih semuah yahh kauwand2 bLog ,,, senang bisa membantu kaliand semua hnya dngan postingan bLogKu ini … C_U Semangka yahh..
ZHIE my name…..



thankz z contoh” puisi.nx…. brkat blog ini,tugas q trslsaikan sudah….. :)



Pandu says:

thankyu very muchh



Dhika_-_ says:

thank’s yaa……………………tugas ane dah siap..



Thanks………………………………………………………………!!!!!!!!!!!!!!!????????????????????



thank’s hep,, tugas ana dah kelar..



xxxx says:

haduh makasih bang, nt udah nulis nih pembahasan…



dhimaslovenapziah says:

thanxz puisi lama n baru….



dhimaslovenapziah says:

thanxz puisi lama n baru…….



farel says:

maksihhhh kakak… sangat membantu



nuzalia says:

makasih tulisannya, sangat membantu :)



sweety says:

makasih ya tentang syairnya….:)



wulan says:

Thax bwanget dch…. hax skali enter tgas lgsg berez,, tnpa perlu pusing-pusing lagi….:-)



nissa says:

sangat membantu sekali kaka



fyal says:

thanks …
ini sgt membantu



nathan says:

THX bgt ya :D akhirny tugas gw selesai :D



jesse tobing says:

tq plennn..



joses idama says:

wee thanks bgt coyy ada ginian . jadi semua tugas gue selesai . :D :D



joses idama says:

makasih makasih !!



ao says:

thanx yo.
tugas saya akhirnya kelar.
^,^



SheillaYousi_SB says:

Uummh thx eah.. Sneng’ny tgas dah klar.. :)



MandoR_RogaN says:

by 1 dota d server free by MandoR_RogaN tq
ࡩࡗ0ӥࡗࡗ0合׳™㎳0꭬募0扃



anyun_imoet says:

makasiiiiiiiiiiihhhhhhhhh puuuoooolllllll dah…….



nhita says:

mmm

thanks ea alnya tgas ku jdi slesaiiii

membantu sangat buat tugas khu

hehehe ^_^



tahnk’s ya wat infOrm.na……..

GoD bLees U



meiliza fajriani says:

thank;s eo informasi nyoo……………////////



divin says:

terima kasih…



jepp says:

w pikir apa ne yo…Rupanya catatan…



kziyad says:

thank’s k atas materinya



viola says:

thanks bwanget y…..puisi baru n lamanya jadi enak nyarinya ga perlu repot2x nyari2x ke mana 2x



thanks ya puisi lama _ n baru
dan klu gk ada kmu ,puasty pr KU gk akan ci@ppppppppppppppppppppppppppppppppppppppp
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!



zhIe_zhEe says:

iia iia makacie cmuach ….
aq juga senneng



asni imuet says:

thanks buanget y… puisi lama n baru_a nie bantu buanget…



stella says:

thankkk buat infromnya,,, gk kesulitan agi cari2 tentang puisi ent gk perlu buka macem2 buku heheggg



hidayah sari says:

syukron y… tugas dayah tentang puisi udah terbantu



akahashi says:

thanks bgt…
tugasku selesai deh…
g perlu nyari sampe keliling dunia deh … (lho???)



desi says:

syukur dah…. akhirnya dapet… makasih bgt iia



Lukman says:

I like it
akhirnya tugas ku terselesaikann…
trimzzzzzzzzz



Yuwan says:

thank’z buuanget’zzz y
tugas aqw leze dech !?!?!?!?



Amy says:

thanks ya!!bwt puisix



asmi says:

very nice i like you’re blog,s..materi puisi complit….



fitri says:

trim’s atas puisi.na ….



jainal arifin daman says:

th444444444444444444444nkzzzzzzzzzzzzz……………….. tugas aq bisa kelar jja



HIDAY says:

thank’s bangeeeet xch tugasq udh clecai cmua yenyng puisi lama dan puisi baru..



rahma says:

wah jadi ingat pelajaran waktu sekolah, trims ya…btw izin copi buat kepentingan pribadi….



lia says:

thanx buanget…g usah cari laennya cz nih da lengkap



lia says:

thanx buanget, g usah cari laenyacz da lngkap



zhIe_zhEe says:

cma2 ,,



Rizky says:

terima kasih ;D pengetahuanQu ttg puisi lama bertabah. 1 kd beres



ulfa says:

.,,bguz” puisinx,,,,!!!!!!!!!



hibatul hasanah says:

thank bgt ea, krn da lynan nech gw biza ngrjain tugaz gw, mucachhhhhhhhh



EGi_nak' Pious says:

thank ea….

atas bantuan.x



DANIEL says:

Makasih Atas Informasinya.



acie says:

thank y0u yaa.udah menghilangkan keraguanku ttg bbrp puisi lama



chris says:

makasih yaa.
akhirnya tugasku jdi cpt slesai..
and mau tanya angkatan puisi2(pujangga baru,siti nurbaya dan lainnya)trsebut trmasuk puisi lma/baru ya??



izza says:

thx banget info nya,, :)



ofika says:

thanks buangetyaaa
jadi mudah jain tugas ech….



zhIe_zhEe says:

jadi temen quwh d FB ea kawan-kawan blogger ,,,



zhIe_zhEe says:

hhe ,,, iya thanks vo comments eaa .
agku sneng log tlisan quwh d blog brguna bgi orang lain .
luppph yuu .



virma oktarina sibarani says:

thank bgt ya tentang puisi lama ya q jdi bsa deh krjain tugas qqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqqq



neni marisi says:

thanks yah buat informasi tentang puisi baru dan lamanya,
berkat informasinya aku lebih mudah mendapat informasi dalam belajar saya,



lentina ns says:

wah! jdi mudah dech ngerjain tgsx. trim’s



lentina ns says:

wah! keren.jdi tmbah mudah dech ngerjain tugasnya



bella says:

**** thanks buangggeeets yya???/berkat informasinya aku jadi lebih cepat mengerjakan tugas,and aku juga dapat banyak informasi………



triana says:

Mkasih banyak ea..
Informasinya ChIIIp bnget..
Akhirnya tugas khu terselesaikan.>>>.-^_^



makasih ya atas bantuannya tugas ku jd lebih cepat untuk di selesaikan!



putri says:

ada puisi karya Suman Hasibuan ngga? saya butuh untuk tugas kampus.. terimakasih.



egga says:

makasii banyak ea .
semoga bermanfaat.
aku jadi lebih gmpang memahaminya .



nitha says:

keren lach………..
tgas2 ku jd gampang!
hehehehehe



azizah says:

thanks ya gwe jd bsa ngisi tgas dri bu gru……….
thanks buannnggggetz………



Ulfah says:

Thank’s yuach buat pengertian ‘n contoh2’y…



nUr says:

tHanK’s BuAnGeT WaT c0t0h pUiSi lAmA n nEw_a c0z tGaZz b.iNd qYu dh JdE ……..hEeEeEeEeEeE



foNitA says:

wWaAaaAcCcCchhhhhhhh……..apiEk bGgt pUiSi’e



yadika says:

kok gak ada puisi kontemporer?



roc_ki says:

kerenzz bangetzz
lengkap skali tntng puisi lama n barunya



Nara says:

Thx bgt infonyaaaaaa



ayu nurul aflah says:

karya sastra indonasia mang keren-keren,tingkatkan truzzz!!
thanks a lot



di2k says:

anak2ku g bingung lagi deh.tx ya



maju terus puisi INDONESIA………………………………………………………………………………………



naju terus puisi INDONESIA………………………………………………………………………………………



Diant Zaki says:

thanx buat info untuk tugas hehehe….



ernest says:

thaaaankyouu yaaa



meilx says:

thx ataz materi nya, berguna bgetzz…



ernest says:

thaaaaankyou banget buat infonyaa yaaaaaaww???



izza says:

syukron atas infonya, tapi untuk penjelasanya agar lebih deperinci lagi



k!R4Nz$$$ says:

m$ kA$1H bw4D 1Nf0-X……. Tu944 Q Jd SL3S41 D3hCHHHHH!!!!!!!!!……



oqizzz says:

thank you ya kamu dah ngasih puisi ,pantun romantis banget



kiky says:

mksiiih bwt informasinya…
sngat membantu ak…

untung jhaaa…
klw gg dha…

kyk-mna ttuch jdiinya,,,???



yas says:

thx y..
update trus y



tefal says:

wew.lengkap
thankssz



biyan says:

wow Banyak Bro . ! keren” Bagus” Tq ea .. !!



biyan says:

wow.. !! Tq banged ea … !! Lengkap Gila Puisi Lama dan Puisi Baru nya bro.. !! Tq ea . !!



zhIe_zhEe says:

@ ALL…. yow podho2 ae ezt….



nisa says:

thanks bwat webx bza bntu tugazzz akuh



maya says:

super komplite…………..



INTAN says:

Thank yae q suka buanngetz nia sama puisimu……….!!!!!!!!!!!!!



INTAN says:

q suka buannnnnnngetzzzzzzzzzzzzzzzz nie



christiana says:

BBBBaaaaaGGGuuuuuuSSSSSSSSSSSSS!!!!!!!!!



Cindy says:

Makasii bangett..
bener bener bantu bangett ini^^



anna says:

trims banget materi puisi yang kau tuangkan di web mu sangat membantuku dalam penyusunan soal. ok sekalilagi trims sobat



kaka says:

Ya ampun . . .ini sgtt mmbntu . .
mksii bgt,,
tpi tdi q smpet merapalkan mantra itu lho ,, gpp kn ?
tu mntra paan?



ESTHER says:

makasihh banget . akhirnya tugas bhsa indonesia gw selesaii jga berkat “Zhi3pisces’s blog” !
makasih banget ya !



wika says:

terima kasih.. ini sangat membantu tugas bahasa indonesia saya..



mario says:

makasih bgt dah kasih mcam2 puisi bissa ngerjain tgs skul



elisabet says:

thx ea berkat puisi’a gue bsa nyelesain tgas bhasa gue.. :)



andini says:

wahhhhhhhhhh….
thand bangetzzzzzzz y….
brjkat ini aq jd nyelesain tugas skul aq…..



thank’s yach..
in sgt membantu..
good luck 4 U!!!



Sarah Sari Utari says:

Thank you so much for your information

it very help me . .



DIMAZ says:

thanks bgt yeua… tntang puisi baru n lamanya….



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: