Zhi3pisces’s Blog











{Februari 12, 2009}   Hak Cipta pada Perangkat Lunak

Perlindungan yang layak diberikan hukum terhadap program komputer adalah perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual, perlindungan ini diberikan untuk melindungi inovasi di dalam program komputer tersebut.

Berdasarkan pasal 1 ayat (1) UU No 19 tahun 2002, hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaanya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan peraturan undang-undang yang berlaku.

Hak eksklusif yang dimaksud disini adalah bahwa tidak seorangpun diperbolehkan untuk mengumumkan, memperbanyak atau menyewakan ciptaannya tanpa seizin dari pencipta, sedangkan pencipta yang dimaksud dalam pasal ini adalah :

v Seseorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran, imajinasi, kecepatan , keterampilan atau keahlian yang dituangkan kedalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi.

v Orang yang merancang suatu ciptaan tetapi diwujudkan oleh orang lain di bawah pimpinan (pengawasan oranng yang merancang ciptaan tersebut).

v Orang yang membuat suatu karya cipta dalam hubungan kerja atau berdasarkan pesanan.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: