Zhi3pisces’s Blog











{Maret 10, 2009}   review Harry Potter

1. HARRY POTTER AND THE SORCERERS STONE

Harry Potter and The Sorcerer’s Stone, atau yang di UK diberi judul Philosopher’s Stone, dan di Indonesia Batu Bertuah adalah novel pertama dari seri Harry Potter yang proses penulisannya tentu paling berkesan, karena selain itu yang pertama, itu merupakan rahasia J.K. Rowling, sebab tak ada yang mengetahui kisah luar biasa yang ditulisnya.

Kisah ini bercerita tentang seorang bocah(harry potter) yang dirawat paman dan bibinya yang kejam, bersama saudara sepupunya. Orang tuanya dibunuh oleh penyihir hitam yang sangat kuat bernama Voldemort namun ia menghilang saat mencoba membunuh Harry. Oleh keluarga Dursley, ia diperlakukan semena-mena karena keluarga Dursley tidak ingin Harry dan orang lain tahu bahwa mereka adalah keluarga dari penyihir. Harry sering dipukuli. Ia hidup menderita selama 11 tahun namun semua itu berubah seiring datangnya surat misterius yang menyelamatkan Hary.
Harry diundang untuk bersekolah di sekolah khusus, sekolah sihir, HOGWARTS. Dalam perjalanan ke sekolahnya dengan Hogwarts Express, Harry bertemu beberapa anggota keluarga Weasley yaitu Ronald Weasley, si kembar Fred dan George Weasley, dan Percy Weasley. Sebelumnya, di stasiun ia bertemu Molly Weasley, ibu mereka, dan Ginny Weasley. Selain itu, terdapat pula Hermione Granger, Neville Longbottom, serta Draco Malfoy.

1 15

Di Hogwarts, mereka diseleksi ke dalam satu dari empat asrama oleh Topi Seleksi. Harry, Ron, Hermione, dan Neville masuk ke asrama yang mempunyai reputasi terbaik, Gryffindor, sedangkan Malfoy masuk ke Slytherin, tempat berbagai penyihir hitam.

Cerita bergulir tentang percobaan pencurian di lokasi yang sama dengan barang yang diambil Hagrid serta Harry yang menemukan Cermin Tarsah. Berbagai kejadian terjadi dan menunjukkan seseorang berusaha mencuri Batu Bertuah dengan tersangka Snape. Rahasia ini hanya diketahui Harry, Ron, dan Hermione.

Namun, setelah mengatasi berbagai rintangan, yang ditemukan berusaha mencuri adalah Quirrell yang ditumpangi Voldemort. Usahanya menghalangi pencurian berhasil dan Gryffindor memenangkan piala asrama.

2. HARRY POTTER AND THE CHAMBER OF SECRETS

Harry Potter dan Kamar Rahasia ringkasnya menceritakan mengenai buku harian Lord Voldemort yang membawa kepingan jiwanya telah berhasil diselundupkan ke sekolah, dan buku itu menuntun Ginny Weasley, adik sahabat Harry, untuk melakukan tindakan-tindakan buruk.

Awalnya menceritakan bahwa Harry potter sedang liburan musim panas bersama keluarga Dursley yang menyebalkan karena perlakuan kasar yang diterima Harry. Dia ingin sekali kembali segera ke Sekolah Sihir Hogwarts. Tetapi tiba-tiba muncul makhluk aneh bernama Dobby,yang melarangnya kembali kesana.Malapetaka akan terjadi bila Harry kembali kesana.   Setelah dengan susah payah Harry potter dijemput temanya dengan mobil terbang dan sesampainya di Sekolah Hogwarts betul-betul terjadi malapetaka.

2 images2 harpot 2

Banyak murid HOGWARTS yang dibuat menjadi batu, dan banyak keanehan-keanehan seperti tingkah aneh dan mengerikan dari para labah-labah raksasa, adanya guru baru, Gilderoy Lockhart yang sangat aneh, hantu bernama Myrtle Merana yang menghantui toilet anak perempuan dan adanya dugaan banyak murid HOGWARTS bahwa keanehan-keanehan tersebut disebabkan oleh Harry.

Mungkinkah pelakunya Draco malfoy yang jahat sama Harry,yang riwayat masa lalunya akhirnya terbongkar?Atau, mungkinkah pelakunya anak paling dicurigai semua orang di Hogwarts…Yakni Harry Potter sendiri????
Bingung?
Baca bukunya!^^

Ato nonton filmnya….

3. HARRY POTTER AND THE PRISONER OF AZKABAN


Harry Potter dan Tawanan Azkaban merupakan awal, dimana cerita Harry Potter mulai menjadi gelap dan serius. Kisahnya dimulai dari Harry yang melakukan sihir di luar sekolah dengan membuat bibi kejamnya menjadi balon raksasa, namun anehnya, Harry tidak dihukum karena hal ini, padahal biasanya, murid Hogwarts yang berani melakukan sihir di luar sekolah, akan dikeluarkan dari sekolah dan tongkat sihirnya akan dipatahkan.

image3 images3 images33

rupanya akhirnya Harry menyadari, bahwa seorang tawanan dari penjara sihir yang mengerikan, Azkaban, telah berhasil kabur, dan tidak ada yang meragukan, bahwa tujuannya kabur adalah untuk mencari dan membunuh Harry.
Harry tentu takut dan tidak menolak segala perlindungan yang diberikan untuknya, kecuali saat ia dilarang pergi ke desa sihir, Hogsmeade.

Namun akhirnya kecemasan itu berubah menjadi kemarahan, ketika Harry mengetahui bahwa si penjahat, Sirius Black, dulunya adalah sahabat ayah Harry, dan karena pengkhianatannya-lah, ayah dan ibu Hary tewas.
Harry kini berniat mencari dan membunuh Sirius Black.

menurut saya pribadi, film ini cukup mengecewakan Karena banyak adegan yang dipotong dan durasi filmnya sangat sebentar dibanding film sebelumnya.

4. HARRY POTTER AND THE GOBLET OF FIRE

Kisahnya adalah seputar sebuah kompetisi sihir yang melegenda, yang setelah sangat lama tidak diadakan, tiba-tiba akan diadakan lagi tahun itu, dengan HOGWARTS sebagai tuan rumah.

Sekolah sihir yang akan bertanding adalah Hogwarts, Beauxbatons, dan Durmstrang.
Hogwarts diwakili Ceddric Diggory, Beauxbatons oleh Fleur Delacour, dan Durmstrang diwakili Victor Krum.

Namun anehnya, nama Harry tiba-tiba dimuntahkan oleh piala api sebagai peserta keempat! Padahal Harry tidak memasukkan namanya ke dalam piala api!

Akhirnya Harry harus mengikuti Turnamen Sihir Triwizard, karena peraturan yang menyatakan bahwa nama yang keluar dari piala api tidak boleh mundur dari kompetisi mengerikan tersebut.

image4 images4 images44

Harry Potter dan Piala Api adalah novel terbaik Harry Potter bagi saya pribadi. Kisahnya yang sangat unik, kreatif, seru, dan membuat ketagihan sangat pantas dibaca.

5. HARRY POTTER AND THE ORDER OF THE PHOENIX

Harry Potter dan Orde Phoenix adalah novel Harry Potter kelima yang paling berat dan tebal. Adegan dimulai di suatu taman di mana Harry diganggu oleh sepupunya, Dursley. Tiba-tiba munculah mahluk penjaga Azkaban, penjara dunia sihir, yang berusaha untuk menyedot jiwa Harry dan sepupunya. Seperti yang diketahui, hal itu digagalkan oleh Harry sendiri dengan sihir patronus. Setelah itu hal-hal rumit datang bertubi-tubi, mulai dari difitnahnya Harry sampai-sampai ia diberi hukuman karena dianggap berbohong.

Cornelius Fudge, menetapkan sistem pertahanan kekuatan dari para guru untuk memastikan pengawasan terhadap para murid dari Dumbledore dan Hogwarts. tetapi Profesor Dolores menyetujui dilaksanakannya kursus pertahanan sihir dengan meninggalkan para penyihir muda dalam kondisi yang tidak siap untuk mempertahankan diri mereka sendiri dari ancaman serangan pasukan kegelapan dan dari komunitas penyihir lainnya. Karena ketatnya peraturan dari kementrian sihir yang melarang murid-murid Hogwarts untuk belajar Defense Againts the Dark Arts (Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam), kedua sahabat Harry, Ron dan Hermione, mengajak Harry membentuk suatu grup untuk melatih kemampuan sihir mereka, yaitu Dumbledore’s Army (D.A.). Harri Potter mengajarkan kepada mereka bagaimana caranya mempertahankan diri dari serangan Seni Hitam, mempersiapkan para penyihir muda yang masih bimbang untuk terjun dalam pertempuran yang penuh kebohongan.

5 imag5 images55

Harry kembali di tahun kelimanya belajar di Hogwarts dan mendapati bahwa sebagian besar komunitas pesulap menyangkal kebenaran bahwa ia baru saja bertemu dengan Lord Voldermort yang jahat. Khawatir Kepala Sekolah Hogwart, Albus Dumbledore, berbohong seputar kembalinya Voldemort untuk menjatuhkan kekuasaannya, Menteri Ilmu Sihir, Cornelius Fudge, mengangkat guru Pertahanan Melawan Ilmu Hitam yang baru untuk menjaga Dumbledore dan siswa-siswanya.

Seperti yang telah diketahui para pembaca novel, Sirius Black mati oleh mantra laknat, Avadra Kedavra. Kemudian Harry mengejar pembunuh Sirius, yaitu Bellatrix yang tak lain tak bukan adalah sepupu Sirius. Dan terjadilah pertempuran antara Lord Voldemort dan Albus Dumbledore.

Huhh…bingung ama jalan ceritanya. bagi yang sudah membaca novel, kemungkinan akan kecewa karena banyak adegan-adegan yang ditiadakan….ringkes banget. But film ini layak untuk ditonton,,,terutama penggemar Harpot.

6. HARRY POTTER AND THE HALF-BLOOD PRINCE

Harry Potter dan Pangeran Berdarah Campuran adalah novel yang sangat bagus. Kisahnya gelap, namun sangat mudah dicerna. Rumit, namun mengasyikkan untuk dibaca.
Kisah ini dilatarbelakangi pada waktu Harry Potter berada pada tahun keenam sekolahnya di Hogwarts. Novel ini mengisahkan masa lalu Lord Voldemort dan persiapan Harry Potter untuk pertarungan terakhir

Pada pesta memulai tahun ajaran baru, Snape diumumkan telah diangkat sebagai guru Pertahanan terhadap Ilmu Hitam yang baru, hal yang sangat mengherankan bagi kebanyakan murid Hogwarts, khususnya karena selama bertahun-tahun ia tidak berhasil mendapatkan posisi itu. Mempergunakan Harry Potter, Albus Dumbledore berhasil membujuk kawan guru lamanya, Horace Slughorn, untuk mengakhiri masa pensiunnya, dan kembali mengajar di jabatan lamanya, sebagai guru Ramuan.

Karena Slughorn hanya meminta nilai minimal “E” (“Exceed Expectations“-“Di Luar Dugaan”) dalam ujian O.W.L. untuk melanjutkan ke kelas lanjutan ([N.E.W.T.) Ramuan, Harry dan Ron berkesempatan untuk mendaftar di kelas itu. Slughorn meminjamkan Harry buku teks tua “Pembuatan-Ramuan Tingkat Lanjutan” yang bertuliskan nama pemiliknya, “Pangeran Berdarah Campuran”. Catatan-catatan kecil dari pemilik buku yang berbakat itu membantu Harry menjadi unggul di kelas Ramuan, dan mendapatkan reputasi melebihi Hermione. Sebagai hadiah, Slughorn memberikannya hadiah sebotol kecil Felix Felicis, cairan keberuntungan.

Dumbledore mulai memberikan Harry pelajaran privat. Pelajaran ini berupa pengetahuan mengenai masa lalu Voldemort dan diberikan dalam bentuk memasuki kopi memori-memori orang-orang yang pernah berkaitan dengan masa lalu Voldemort ini, menggunakan alat sihir semacam baskom, Pensieve. Salah satu memori yang merupakan kopi dari memori Slughorn memiliki bagian yang hilang. Dumbledore menugasi Harry untuk mengusahakan memori itu dari Slughorn. Dibantu dengan cairan Felix Felicis, Harry akhirnya berhasil mendapatkan potongan memori itu dari Slughorn. Dumbeldore berspekulasi bahwa Voldemort telah membagi jiwanya menjadi tujuh bagian, dan menyimpan enam bagian dari jiwanya dalam “Horcrux” untuk memastikan bahwa dirinya hidup abadi, sementara bagian ketujuh tetap ada di tubuhnya. Dua Horcrux telah dihancurkan, yang pertama adalah buku harian Tom Riddle yang dihancurkan oleh Harry dan cincin milik Marvolo Gaunt oleh Dumbledore.

images6

Para Pelahap Maut tiba dan mendesak Draco untuk menyelesaikan misinya-membunuh Dumbledore-tetapi Draco ragu-ragu. Snape tiba; Dumbledore memohon kepada Snape, “Severus… tolong…”, namun tidak jelas apa yang diminta Dumbledore kepada Snape itu. Setelah itu, tiba-tiba Snape membunuh Dumbledore dengan kutukan pembunuh Kutukan Tak-TermaafkanAvada Kedavra (Kutukan Pembunuh)Avada Kedavra. Kekuatan kutukan itu melemparkan Dumbledore melampaui tembok menara. Tewasnya Dumbledore, menyebabkan manteranya yang menahan Harry terangkat. Harry terbebaskan dan mengejar Snape. Keduanya berduel singkat, Snape memperkenalkan dirinya sebagai sang Pangeran Berdarah-Campuran, dan berdua dengan Malfoy, Snape berhasil meloloskan diri melalui gerbang Hogwarts.

Pada buku ke-6 ini, pembaca akan dibawa ke masa lalu melalui memori-memori tentang Lord Volemort muda, yang dulu bernama Tom Riddle.

Di kisah ini, kita akan melihat, betapa Tom Riddle muda-pun sudah sangat tega dan keji saat masih remaja. Pelajaran privat ini akan membantu Harry dalam usahanya mengalahkan Lord Voldemort.

7. HARRY POTTER AND THE DEATHLY HALLOWS


Harry Potter dan relikui Kematian merupakan masterpiece dan penutup yang sempurna bagi seri Harry Potter. Walau bagi saya, kisah paling bagus tetap buku ke-4, namun kisah ini juga tidak kalah bagusnya. Ini adalah novel terbaik kedua setelah Harry potter and The Goblet of Fire.

Kisahnya adalah tentang perjuangan Harry Potter dengan 2 sahabatnya, Ron Weasley dan Hermione Granger, untuk mencari kepingan-kepingan jiwa Lord Voldemort.

images7 images77

Ada 7 kepingan jiwa Lord Voldemort.

Yang pertama adalah buku harian Riddle yang telah dihancurkan oleh Harry dalam buku ke-2.
Yang kedua adalah cincin Marvolo Gaunt yang telah dihancurkan oleh Albus Dumbledore dalam buku ke-6.

Sedangkan yang lima lain masih harus dicari dan dihancurkan. Kelima benda dimana Lord Voldemort meletakkan kepingan jiwanya adalah:

Kalung Salazar Slytherin
Piala Helga Hufflepuff
Diadem / Mahkota Rowena Ravenclaw
Ular peliharaan Voldemort yang bernama Nagini
Tubuh Lord Voldemort

Buku ketujuh ini menceritakan perjuangan Harry berkelana dari satu tempat ke tempat lain, dari satu hutan ke hutan lain, demi mencari dan menghancurkan kelima benda tersebut.

hmmm……seru-seru kan petualangan harry potter….



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: