Zhi3pisces’s Blog











{Maret 22, 2009}   siklus hidrologi

Pernah dengar istilah “siklus hidrologi” ?Yuk… Kita belajar bersama, apa sih sebenarnya ”siklus hidrologi” itu.

Jika kita melihat dari kombinasi kata, ”siklus” berarti suatu proses atau kejadian -yang secara garis besar- terus berulang. Nah, kalau ”hidrologi” merupakan suatu ilmu/kajian terhadap distribusi air di bumi dan terhadap pergerakan air yang terjadi di bumi dan atmosfirnya. Jika dikaitkan dengan siklus, maka makna ”siklus hidrologi” adalah pergerakan air dan perubahannya di muka bumi secara berulang dan terus menerus (sampai kiamat ) melalui berbagai proses fisika seperti evaporasi, kondensasi, presipitasi, transpirasi, perkolasi, dan perembesan, serta aliran permukaan.

watercyclebahasalow1

Macam-Macam dan Tahapan Proses Siklus Hidrologi:

A. Siklus Pendek / Siklus Kecil
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Terjadi kondensasi dan pembentukan awan
3. Turun hujan di permukaan laut

B. Siklus Sedang
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Terjadi kondensasi
3. Uap bergerak oleh tiupan angin ke darat
4. Pembentukan awan
5. Turun hujan di permukaan daratan
6. Air mengalir di sungai menuju laut kembali

C. Siklus Panjang / Siklus Besar
1. Air laut menguap menjadi uap gas karena panas matahari
2. Uap air mengalami sublimasi
3. Pembentukan awan yang mengandung kristal es
4. Awan bergerak oleh tiupan angin ke darat
5. Pembentukan awan
6. Turun salju
7. Pembentukan gletser
8. Gletser mencair membentuk aliran sungai
9. Air mengalir di sungai menuju darat dan kemudian ke laut

sumber



jpoj says:

jelekkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk



fauzan says:

emmmmmm,,,,masih lumm ngertie niehhhh…



rial says:

perdalam pembahasan !!!!!!!!!!!!!!!!!!!
coba trus jangan menyerah



wah…. maaf maaf aja nih ya,
kalo menurut aku itu mah cuman terjadinya aja kurang penjelasannya.
maaf kalo kata”nya menyinggung.tapi sangat mmbantu tugas aku meski aku belum ngerti
Thank’s

salam…
INTAN PUSPITASARI TATA
SMPN 10 CIMAHI kelas 7a



Kurang banyak informasinya

salam:
Intan puspitasari tata
SMPN 10 cimahi kelas 7a



Kurang banyak informasinya

salam:
Intan



kurang tuh gambarnya lgi pla..krang terang end krang lengkap pngetahuannya tuh….wkwkwkkw🙂



bima says:

gambarnya kurang ditel



caludieh says:

lalieur nya ???



kaka says:

eh sori yh, tpi mnrtku sebaiknya ditulis sumber referensinya karena aku pernah melihat tulisan yg hmpir sma d web:
http://organisasi.org/jenis-macam-siklus-hidrologi-siklus-air-pendek-sedang-panjang-di-bumi

maap klo ad kta” yg menyinggung….



agil says:

kok sedikit doank penjelasannya??



iyu says:

buoissssssssssss cuyyyyyyyyyyyyy//////////////////////



zhIe_zhEe says:

@ ALL,,, mkcie dh comment.
cry lw ad kekurangan…hehehehe



zamid says:

ayo kmbangkan…
…………….
…………….
…………….



zamid says:

iya,,,,,kurang gambar.x
tlong d lengkapi gmbar……………………………..



vina ma shofa nie says:

makasihnya buat siklus hidrologinya berguna banget nie buat tugasssssss hehe



saKinaH says:

tOp AbIz DecH……………



Nengratna says:

Oke, tapi berguna loh! Nih, aku mau ngacung pas guru aku ngejelasin. Hehe. Thanks boss!!😛



vi zhi3 says:

@ nengRatna
makasih udah dateng ke blog qUwh…
maap yah…tuh tugaz sekolah qUwh.
tapi gag di p0sting semua.
masih nggak ngerti,,kelaut aza…
(bercnda koq).



hemmm…. kurang detail .. masih nggak ngerti😀



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

et cetera
%d blogger menyukai ini: